3 Kandidat Peraih Penghargaan Puskas Award Gol Terbaik FIFA

FIFA telah mengungkapkan ketiga finalis kandidat peraih penghargaan gol terbaik tahun ini, yang telah diciutkan dari 10 pemain. Mereka adalah gelandang Corinthians Marlone, Daniuska Rodriguez, dan pesepakbola Malaysia Mohd Faiz Subri.

Tidak ada nama-nama tenar di dalam tiga besar calon peraih Puskas Award tahun ini. Gol-gol indah Lionel Messi, Neymar, dan Saul Niguez tak berhasil masuk.

Tendangan bebas jarak jauh yang dilakukan Messi di semifinal Copa America dalam kemenangan 4-0 atas Amerika Serikat tidak mendapatkan suara yang cukup. Begitupun dengan gol cantik Neymar dalam laga Barcelona melawan Villarreal, serta aksi individu Saul kala membawa Atletico Madrid mengalahkan Bayern Munich.

Marlone mencetak gol voli yang indah saat Corinthias menghadapi Cobresal di Copa Libertadores, April silam. Menerima umpan dari sisi kanan, Marlone mengontrol bola dengan dadanya sebelum melepaskan tembakan kaki kanan yang membobol gawang lawan.

Rodriguez pamer aksi individu yang mengesankan saat membela Venezuela melawan Kolombia di Sudamericano Championship putri U-17. Di dalam kotak penalti, Rodriguez melewati dua penjagaan pemain lawan sebelum tembakan kaki kirinya menggetarkan gawang.

Terakhir datang dari ‘tetangga’, Liga Malaysia. Pemain Pahang Faiz Subri mencetak gol tendangan bebas sensasional kala melawan Penang.

Pertandingan pekan kedua Liga Super Malaysia diwarnai oleh gol fantastis yang dicetak pemain Penang FA, Mohd Faiz Subri, ke gawang Pahang hari Selasa, 16 Februari 2016.

Gol indah itu tercipta pada menit ke-75 dari jarak nyaris 35 meter. Faiz Subri melepaskan tendangan melengkung dari jarak jauh dan menipu kiper Pahang, Nasril Nourdin, kebingungan sebelum membentur tiang jauh.

Kalau melihat ke sejarah, gol melengkung ini mirip dengan gol tendangan bebas legenda Brasil, Roberto Carlos, ke gawang Prancis pada 1997.

Faiz Subri sendiri tampaknya sedang dalam performa terbaik dengan mencetak dua gol buat Penang, untuk memberikan kemenangan pertama tim asuhan Jacksen F Tiago tersebut di kancah Liga Super Malaysia.

Pengumuman pemenang akan dilakukan bersamaan dengan pengumuman pemenang penghargaan Pemain Terbaik Dunia FIFA di Zurich, 9 Januari 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *