5 Rekrutan Terbaik La Liga Sepanjang Musim 2016-2017

La Liga musim 2016-2017 telah berakhir. Semua kontestan yang berlaga di kompetisi itu telah berjuang maksimal meraih posisi terbaik. Berbagai elemen di setiap klub memiliki andil terkait pencapaian masing-masing. Namun, performa para pemainlah yang tentunya paling banyak mendapat sorotan.

Setiap klub memiliki kesempatan untuk membeli amunisi anyar selama dua periode bursa transfer musim 2016-2017. Tujuannya tentu agar bisa mengangkat performa tim secara keseluruhan.

Pemain-pemain pada umumnya setidaknya membutuhkan satu musim penuh agar bisa beradaptasi dengan lingkungan baru. Namun, ada sebagian pesepak bola yang hanya memerlukan waktu beberapa bulan untuk unjuk gigi menampilkan performa terbaik.

Sebut saja seperti Stevan Jovetic. Bomber asal Montenegro itu datang ke Sevilla dari Inter Milan dengan status pinjaman hingga akhir musim pada bursa transfer Januari 2017.

Akan tetapi, Stevan Jovetic mampu berkontribusi maksimal selama kiprahnya di Spanyol. Total tujuh gol dan lima assist berhasil ditorehkannya dari 22 laga di berbagai kompetisi.

Selain Stevan Jovetic, setidaknya ada lima rekrutan anyar di kompetisi La Liga yang tampil apik sepanjang musim 2016-2017. Berikut ini kami mencoba menjabarkannya.

5. Sandro Ramirez

Malaga resmi merekrut Sandro Ramirez dari Barcelona dengan status bebas biaya transfer per 7 Juli 2016. Sang pemain menerima tawaran itu karena gagal bersaing dengan Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar, di lini depan tim Catalan.

Keputusan Sandro Ramirez berganti seragam terbukti tepat. Sang pemain membukukan 16 gol dan lima assist dari 31 penampilan di berbagai kompetisi. Jumlah tersebut pun membuatnya menjadi pencetak gol terbanyak di Malaga sepanjang musim 2016-2017.

4. Pablo Piatti

Kedatangan Munir El-Haddadi dan Luis Nani ke Valencia pada awal musim 2016-2017, membuat Pablo Piatti terancam tidak dapat bermain secara reguler. Dia pun memutuskan menerima tawaran Espanyol sebagai pemain pinjaman selama semusim.

Selama berseragam Los Pericos, Pablo Piatti sukses menjadi motor di lini serang dengan torehan 10 gol dan 11 assist dari 31 laga di berbagai kompetisi. Performa apik itu membuat Espanyol tanpa ragu mempermanenkan status sang pemain pada akhir musim.

3. Willian Jose

Publik tentu tidak begitu familiar dengan nama Willian Jose. Namun, situsi itu berubah setelah sosok 25 tahun itu dibeli Real Sociedad dengan nilai transfer 6 juta euro (Rp 89,70 miliar) per 31 Juli 2016.

Willian Jose mampu membukukan 14 gol dan empat assist dari 34 pertandingan di berbagai kompetisi. Performa positifnya itu secara tidak langsung turut memengaruhi keberhasilan Real Sociedad mengakhiri musim di peringkat keenam, sekaligus lolos ke pentas Liga Europa 2017-2018.

2. Alvaro Morata

Real Madrid bukanlah tempat yang asing bagi Alvaro Morata. Pemain Spanyol itu merupakan produk akademi Los Blancos, serta pernah membela skuat senior sebelum akhirnya berlabuh di Juventus pada 2014.

Dua musim berseragam Juventus, Alvaro Morata menunjukkan permainan apik dan konsisten. Alhasil, Real Madrid pun tanpa ragu mengeluarkan 30 juta euro (Rp 448,44 miliar) untuk memulangkannya ke Santiago Bernabeu pada 1 Juli 2016.

Meski hanya menjadi pilihan kedua, Alvaro Morata tetap mampu menunjukkan permainan terbaik. Total 15 gol dan lima assist dari 26 penampilan di La Liga, lebih dari cukup untuk menjadi parameter performanya sepanjang musim 2016-2017.

1. Samuel Umtiti

Barcelona mencari penerus Javier Mascherano dan Gerard Pique yang sudah mulai memasuki usia senja. Manajemen klub lantas membeli Samuel Umtiti dari Olympique Lyon seharga 25 juta euro (Rp 373,67 miliar) pada 12 Juli 2016.

Keputusan Barcelona memboyong Samuel umtiti tidaklah keliru. Sang pemain dinilai piawai menjaga jantung pertahanan dari gempuran lawan, sekaligus membangun serangan dari garis pertahanan.

Berkat performa positifnya itu, Samuel Umtiti sering mendapat kepercayaan dari sang pelatih. Total 43 pertandingan plus satu gol di berbagai kompetisi mampu dibukukan sang pemain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *