6 Klub Eropa yang Paling Banyak Raih Gelar Juara Liga

tim dengan gelar terbanyak

Meskipun sepak bola belakangan mulai dipenuhi orientasi uang, tetapi klub-klub tradisional nyatanya masih berkuasa di liga masing-masing. Hal itu seperti enam klub Eropa di bawah ini yang masih memegang rekor gelar terbanyak di masing-masing liga Eropa.

Tak bisa dimungkiri memang, sepak bola Eropa saat ini merupakan kiblat dari seluruh dunia. Mereka sangat kompetitif dan sengit.

Ada lima liga top di Eropa, yakni Liga Inggris, La Liga, Bundesliga, dan lain-lainnya. Beberapa klub tradisional membuktikan masih jadi yang terbaik dalam sejarah.

Hal ini dilihat dari indikator perolehan gelar mereka di liga masing-masing. Lantas, siapa saja klub Eropa yang paling banyak raih gelar domestik? Berikut kami coba jabarkan daftarnya:

RSC Anderlecht – 33 Gelar di Belgia

Liga Belgia tampaknya masih milik dari Anderlecht. Dibentuk sejak 1908, mereka menjadi tim ini menjadi yang tersukses di Belgia sepanjang masa dengan 33 gelar.

Anderlecht sendiri memiliki 5 Piala Eropa. Mereka juga salah satu klub tertua di negara itu. Mereka memiliki sistem pemain muda yang kuat, dan Romelu Lukaku jadi bukti keunggulan akademinya.

AFC Ajax – 33 gelar Eredivisie

Siapa yang tak tahu dengan Ajax. Mereka sukses menjadi klub terbanyak meraih gelar, yakni sebanyak 33 koleksi.

Sekarang, mereka mungkin telah kehilangan status raja Eropa dalam beberapa musim terakhir. Tapi tak ada yang bisa menyangkal, kalau tim dari Amsterdam tersebut merupakan yang terbesar. Mereka juga sudah memenangkan empat Liga Champions dan melahirkan beberapa nama top, seperti Johan Cuyff, Dennis Bergkam, hingga Marco van Basten.

Benfica – 33 Gelar Liga Prrimeira

Benfica merupakan klub bersejarah di Portugal. Mereka  dibentuk pada 1904 tetapi baru mendomniasi liga Portugal sekitar 1935.

FC Porto, pesaing terdekatnya masih kalah, lantaran baru meraih 27 trofi. Benfica juga telah meraih dua Piala Eropa pada tahun 60-an.

Olympiakos – 41 gelar Liga Yunani

Liga Yunani mungkin tak terlalu tenar di Eropa. Namun, mereka punya klub terkuat, yakni Olympiakos yang hampir selalu memenangkan gelar selama 89 tahun terakhir.

Rasio kemenangan mereka di liga nyaris 50 persen. Dalam 10 tahun terakhir, juara Yunani ini telah memenangi 9 gelar liga domestik. Cukup mendomiasi.

Celtic – 47 Gelar Liga Skotlandia

Celtic tak diragukan merupakan klub terbesar dalam sejarah Skotlandia. Mereka sukses mendominasi bersama rival abadinya, Glasgow Rangers.

Mereka juga merupakan kontestan Liga Champions. Celtic berhasil meraih European Cup pada 1966-67. Kini, bersama Brendan Rodgers mereka berharap banyak untuk eksistensi di Eropa.

Glasgow Rangers – 54 Gelar Liga Skotlandia

Daftar teratas ada Rangers yang tela memenangkan gelar 54 kali. Ini lebih dari jumlah gelar liga yang dimenangkan oleh Manchester United, Liverpool, dan Arsenal bila digabungkan.

Akan tetapi, mereka juga tampak melempem ketika di Eropa. Hal ini selalu jadi bahan olokan fans Celtic karena kalah cemerlang di Eropa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *