Biang Kerusuhan, Mantan Bintang Chelsea Dihukum 8 Laga di Liga China

Mantan Bintang Chelsea, Oscar mendapat hukuman berat dari Federasi Sepak Bola Tiongkok (CFA). Hukuman tersebut menyusul aksinya yang memicu keributan antar pemain.

Oscar diketahui dengan sengaja menendang bola ke arah dua pemain lawan saat klubnya, Shanghai SIPG bermain imbang melawan Guangzhou R&F, Minggu 18 Juni lalu.

Akibat tindakannya tersebut, pemain dari kedua kesebelasan beseta ofisial pun terlibat keributan di dalam lapangan. Wasit bahkan harus mengeluarkan dua kartu merah dan tiga kartu kuning.

Aksi insidipliner Oscar ini kemudian diusut komite disiplin CFA yang akhirnya menjatuhkan sanksi larangan tampil di delapan laga dan denda USD5.000 (Rp66 juta) kepada pemain asal Brasil itu.

“Aksi tidak bermoral Oscar, yang memicu keributan besar di lapangan, memiliki dampak negatif yang sangat besar pada liga sepak bola profesional Tiongkok,” demikian sebuah pernyataan CFA.

Cuplikan Video aksi Oscar yang memicu keributan antar pemain di Liga Super Tiongkok:

“CFA sangat memperhatikan masalah disiplin, dan berkomitmen penuh untuk membasmi kekerasan dalam sepak bola dan perilaku tidak sportif lainnya,” lanjut pernyataan tersebut.

Hukuman ini dijatuhkan CFA setelah mengirimkan surat resmi kepada FIFA dan mengadukan masalah tersebut pada sidang dengar, Rabu lalu.

Oscar sendiri tidak hadir dalam sidang dengar tersebut. Ia hanya memposting foto di Instagram dengan menggunakan kaos yang bertuliskan “tidak ada yang bisa dilakukan, tidak ada yang bisa dikatakan.”

Oscar direkrut Shanghai SIPG dari Chelsea pada 2016 dengan mahar 60 juta poundsterling (Rp1 triliun). Sejauh ini, ia sudah memainkan 21 laga dengan koleksi empat gol dan 10 assist.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *