Bobotoh Persib Bandung Dihukum 12 Bulan

Bobotoh Persib
Bobotoh Persib

Bobotoh Persib

Komdis PSSI kembali menjatuhkan keputusan sanksi terhadap beberapa pihak dalam lingkup sepakbola nasional, usai sidang yang mereka lakukan , Rabu (11/9) ini. Kali ini, sanksi ditujukan kepada suporter Persib Bandung yang biasa disebut Bobotoh. Sanksinya adalah suporter Persib dilarang mendukung langsung Persib di stadion ketika menjalani laga tandang selama 12 bulan.

Hukuman ini merupakan imbas dari tingkah buruk yang dilakukan mereka saat Persib dijamu Persija Jakarta di Stadion Maguwoharjo, Sleman, 28 Agustus 2013. Komdis menilai suporter Persib menjadi pemicu keributan di dalam stadion. Mereka dinilai melanggar Kode Disiplin PSSI pasal 75 ayat 7.

“Suporter Persib masuk lewat pintu selatan dan memancing suporter Persija sehingga perkelahian di tribun selatan terjadi. Akibatnya pertandingan dihentikan. Larangan itu berlaku terhitung sejak hari ini,” ucap Hinca Panjaitan, Ketua Komdis PSSI di kantor pusat PSSI, Senayan, Jakarta, Rabu (11/9).

Di samping itu, Bobotoh juga dianggap bersalah ketika melakukan pelemparan ke dalam lapangan saat laga memasuki menit ke-61. Sehingga mengakibatkan pertandingan terhenti selama lima menit.

Selain itu, Komdis juga menjatuhkan denda sebesar Rp50 juta kepada manajemen Persib akibat tingkah laku buruk suporter tersebut. Sesuai Kode Disiplin pasal 75 ayat 8, yakni tingkah suporter ditanggung klub. “Tentu saja hukuman ini bisa dibanding,” Hinca menegaskan.

Manajemen Persija juga tak luput dari sanksi denda Rp50 juta. Itu karena panitia pelaksana Persija dinilai tidak bisa menjalankan pertandingan dengan lancar. Menurut Hinca, denda itu dikeluarkan sesuai pasal 73 dan 74.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *