Dalam Setahun, Cristiano Ronaldo Raih 10 Prestasi Terbaiknya

Cristiano Ronaldo mungkin baru saja menjalani 12 bulan terbaiknya di dunia sepak bola. Berbagai raihan trofi, penghargaan pribadi, dan catatan rekor dibuatnya dalam rentang waktu tersebut. Sebuah prestasi luar biasa mengingat usianya kini tidak lagi muda.

Akhir pekan lalu Ronaldo sukses mengantarkan Real Madrid jadi juara Liga Champions untuk kedua kalinya secara beruntun. Dua golnya ke gawang Juventus membantu Los Blancos menang dengan skor mencolok 1-4 di akhir 90 menit.

Dalam laga yang digelar di stadion Millenium Cardiff itu, CR7 mencatat sejumlah torehan mantap. Ia kini resmi punya 600 gol untuk klub dan timnas Portugal di sepanjang kariernya. Eks Manchester United ini juga membuat gol ke-500 Madrid di ajang Liga Champions dan belum pernah ada kesebelasan di Eropa yang mampu melakukannya.

“Umur bagiku cuma angka, aku merasa seperti anak muda lagi sekarang. Aku sangat senang karena kami punya musim fantastis lagi. Kami memenangkan sejumlah piala dan tentu saja ini momen terbaik dalam karierku,” sebut Ronaldo yang kini berusia 32 tahun itu.

“Kini aku punya beberapa hari untuk rehat sebelum ikut timnas Portugal untuk menjalani laga kualifikasi (Piala Dunia). Lalu kami juga masih punya Piala Konfederasi. Ini musim yang panjang tapi aku bersemangat,” tambah ayah dari Cristiano Ronaldo Junior ini.

Di usia yang kini tidak lagi muda dan banyak aktor lapangan hijau seangkatannya sudah mulai kehilangan sentuhan, Ronaldo masih terus bersinar. Untuk tujuh musim beruntun jebolan akademi Sporting Lisbon ini mencetak 40 gol lebih dalam semusim (42). Sejumlah gelar dan titel pribadi juga diraihnya dalam satu tahun ini, atau 372 hari lebih tepatnya.

1. Liga Champions (28 Mei 2016)

Ronaldo membantu Madrid memenangkan La Undecima atau gelar UCL ke-11 lewat drama adu penalti kontra Atletico Madrid. Usai terus berimbang dalam 120 menit waktu normal dan tambahan, kapten sangara Portugal itu kemudian memimpin rekan-rekannya berjaya di adu tos-tosan.

2. Piala Eropa (10 Juli 2016)

Portugal sukses meraih trophi mayor pertamanya mesmi ditempeli label underdognya underdog dan Ronaldo membuktikan jika ia tetap mampu berprestasi dengan negaranya. Sumbangan tiga golnya mampu mendorong Seleccao dan Quinas melaju ke final dan berhadapan dengan tuan rumah Prancis. Meski tidak bermain penuh di laga puncak, CR7 tetap punya andil besar dalam kemenangan tipis 0-1 atas Les Bleus tersebut.

3. Pemain Terbaik Eropa (25 Agustus 2016)

Ronaldo sukses mengangkani para Antoine Griezmann dalam perebutan penghargaan ini. Berkat prestasinya bersama klub dan negara, ia dianugerahi UEFA Best Player In Europe untuk keduakalinya usai meraihnya pada 2014 silam.

4. Ballon D’Or (12 Desember 2016)

Inilah puncak kesuksesan Ronaldo doi 2016. Setelah sukses meraih gelar ketiganya pada 2015, Ronaldo bisa mempertahankannya lagi di edisi berikutnya. Mengalahkan lawan-lawan tradisional seperti Lionel Messi dan Griezmann, Ronaldo kini hanya terpisah satu trophi saja dari sang rival abadi.

5. Piala Dunia Antar klub (18 Desember 2016)

Hanya berselang seminggu setelah diganjar Ballon D’Or, Ronaldo kembali memberi trophi untuk Madrid. Los Blancos dibawanya jadi klub terbaik dunia setelah mengandaskan perlawanan Kashima Antlers di babak final Pial Dunia Antar Klub.

6. FIFA Club World Cup Golden Ball (18 Desember 2016)

Penghargaan bola emas yang melambangkan pemain terbaik sepanjang turnamen memang layak disandangkan padanya. Hatrikcnya ke gawang Kashima membuat Madrid menang mudah dengan skor 4-2.

7. Pemain Pria Terbaik FIFA (9 Januari 2017)

Usai resmi bercerainya anugerah Ballon D’Or dengan FIFA, praktis akan ada dua versi pemain terbaik dan Ronaldo menggondol keduanya. Lagi-lagi ia mengalahkan Messi dalam perbeutan ini.

8. Portugal Player of The Year (20 Maret 2017)

Menjadi kapten Portugal saat memenangi Piala Eropa edisi teranyar sudah menjadi bukti sahih sumbangsih besar Ronaldo bagi tanah airnya. Mengalahkan Pepe dan Rui Patricio, putra asli pulau Madeira ini menjadi pemain terbaik dari negara semenanjung Iberia tersebut.

9. La Liga (21 Mei 2017)

Madrid baru bisa memastikan gelar La Liga saat kompetisi memasuki pekan pamungkas. Bertandng ke markas Malaga, Ronaldo membuat satu gol yang membantu klubnya menang 0-2. Trophi ini sedikit spesial karena baru dua kali diraihnya usai hijrah ke Spanyol pada 2009 silam.

10. Liga Champions (3 Juni 2017)

Tentu saja yang terbaru tidak boleh dilewatkan. Didapuk sebagai man of teh match, Ronaldo membuktikan kualitasnya dengan memborong dua dari empat gol kemenangan Madrid atas Juve. Sekali lagi ia membuktikan jika anggapan golnya hanya terciptake gawang tim kecil adalah sebuah kebohongan besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *