Delle Alli Senang Jadi Penyerang atau Gelandang?

Nama Dele Alli menyeruak dalam jajaran top skor Premier League musim ini dengan torehan 16 gol serta 10 assist. Di Tottenham Hotspur sendiri, Alli menjadi pemain tertajam kedua setelah Harry Kane yang memimpin dengan perolehan 19 gol.

Dalam formasi 3-4-2-1 yang diusung oleh Mauricio Pochettino musim ini, Alli kerap menempati posisi di belakang Kane. Namun, seiring cederanya Kane, pemain internasional Inggris ini sempat diproyeksikan jadi striker. Dengan tegas Alli menolak hal tersebut lantaran dirinya lebih nyaman berada di posisi gelandang meski terus aktif mencetak gol.

“Aku jelas bukan seorang striker. Ketika akan bermain lebih ke depan di posisi Kane, aku merasa tidak nyaman,” Alli menjelaskan.

Alli lantas bercerita jika perkembangan sepakbola banyak dipengaruhi oleh mantan kapten Liverpool, Steven Gerrard yang berposisi sebagai gelandang tapi kerap dijadikan sebagai second striker.

“Aku tumbuh dengan menyaksikan sosok Steven Gerrard yang berperan sebagai nomor delapan. Aku seperti dia, tapi ketika turun ke lapangan, aku seperti bermain di mana pun sesuai dengan keinginan pelatih. Aku tidak bisa membantah, aku sangat senang dengan posisiku,” lanjutnya.

“Formasi Spurs saat ini yang memainkan tiga bek memberiku kebebasan dan kesempatan untuk mencetak banyak gol. Terkadang aku harus berlari untuk terus berada di belakang Kane dan memberinya ruang untuk menembak. Tapi aku tegaskan sekali lagi, aku adalah seorang gelandang,” tuturnya yakin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *