Deretan Kiper Terbaik Liga Inggris Musim 2016-2017

Deretan Kiper Terbaik Liga Inggris Musim 2016-2017

Selain perburuan sepatu emas untuk para pencetak gol, persaingan mendapat sarung tangan emas di Liga Inggris musim ini juga patut disimak. Penilaian kiper terbaik dinilai bukan berdasarkan jumlah kebobolan, melainkan dari jumlah clean sheet yang mereka lakukan sepanjang musim.

Tercatat ada lima penjaga gawang yang bersaing ketat untuk memperebutkan gelar prestisius ini, siapa saja?

Thibaut Courtois

Courtois berhasi mencatatkan 16 pertandingan tanpa kebobolan. Dengan kesuksesannya tersebut, Courtois jadi pemain Belgia pertama yang meraih sarung tangan emas dan jadi kiper Chelsea kedua selain Petr Cech yang mampu memenangkan gelar ini.

Mantan penjaga gawang Atletico Madrid ini mungkin bisa saja mencatatkan 17 clean sheets, andai gawangnya tidak dibobol oleh pemain Sunderland, Javier Manquillo dalam pertandingan pamungkas Liga Primer yang selesai pekan lalu.

Hugo Lloris

Lloris jadi kiper dengan kebobolan paling sedikit musim ini, hanya 26 gol saja di Liga Inggris. Sayangnya, jumlah clean sheet yang diraih hanya berselisih satu angka dari milik Courtois. Akibatnya Lloris harus puas berada di peringkat runner-up kiper terbaik. Kegagalan Lloris meraih sarung tangan emas mengundang kekecewaan Mauricio Pochettino yang menilai jika anak asuhnya itu bermain lebih baik ketimbang Courtois.

David De Gea

De Gea mencatat 14 clean sheet dari 33 penampilannya bersama Manchester United musim ini. Jika dibandingkan musim sebelumnya, De Gea mengalami penurunan performa. Musim 2015-2016 ia sanggup mencatatkan 15 clean sheet. Kendati demikian, karena penampilan apiknya di bawah mistar gawang Setan Merah, De Gea kembali dikaitkan akan hengkang ke Madrid musim depan.

Fraser Forster

Meski klubnya babak belur di papan tengah Liga Inggris, Foster tetap menunjukkan kepiawaiannya di bawah mistar dengan menorehkan 14 clean sheet. Ini adalah peningkatan signifikan dari Forster karena musim lalu ia hanya menorehkan enam clean sheet saja.

Petr Cech

Buruknya penampilan Arsenal musim lalu berimbas juga pada performa Cech musim ini. Cech gagal mempertahankan sarung tangan emasnya karena musim ini ia hanya sanggup mencatatkan 11 clean sheet. Padahal ia adalah pemegang sarung tangan emas terbanyak dengan total empat buah. tambahan 11 clean sheet membuatnya berada di puncak daftar kiper dengan clean sheet terbanyak dalam sejarah sepak bola Inggris dengan 190 laga tanpa kebobolan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *