Deretan Pemain Belakang yang Bisa Sukses Hentikan Messi dan Ronaldo

CRISTIANO Ronaldo dan Lionel Messi merupakan pesepakbola terbaik yang pernah ada di dunia. Meski demikian, sehebat-hebatnya seorang pemain sepakbola pastinya tak luput dari kesalahan. Dua pemain bintang ini juga pernah digagalkan ketika sedang beraksi menggocek si kulit bundar.

Diego Godin

Bek Atletico Madrid ini merupakan salah satu rival terbesar Cristiano Ronaldo di atas lapangan hijau. Terbukti Godin sukses melakukan penyelamatan gemilang dengan menghentikan laju pemain berkebangsaan Portugal tersebut pada Liga Spanyol musim 2014-2015. Saat itu Los Colchoneros –julukan Atletico Madrid- sukses meraih kemenangan dengan skor 4-0 melawan Real Madrid.

Setelah sukses menahan Ronaldo, Godin juga memiliki catatan baik dengan menahan Lionel Messi di perempatfinal Liga Champions musim 2015-2016. Kala itu Godin langsung menyergap La Pulga –julukan Lionel Messi- yang tengah melakukan penyerangan dari sisi kanan lapangan. Dalam pertandingan tersebut Atletico sukses meraih kemenangan 2-0 atas Barcelona.

Ashley Cole

Mantan bek Chelsea ini memiliki naluri yang baik di lini pertahanan. Terbukti ia mampu menahan laju Cristiano Ronaldo menggunakan tekel keras yang dilakukannya. Kejadian ini sudah berlangsung cukup lama, dan terjadi ketika CR7 masih mengenakan seragam Manchester United.

Kehebatan Cole bukan hanya berlaku kepada Ronaldo. Lionel Messi juga menjadi salah satu korban keganasan bek berkebangsaan Inggris ini. Tekel keras yang menjadi andalan Cole langsung melesat ke arah kaki winger asal Argentina tersebut di leg kedua babak semifinal Liga Champions musim 2011-2012. Saat itu Chelsea sukses menahan imbang Barcelona dengan skor 2-2 dan berhak lolos ke final dengan unggul agregat 3-2.

Sergio Ramos

Kemampuan bek andalan Real Madrid ini memang tidak perlu diragukan lagi. Pada setiap pertandingan El Clasico bek bertubuh kekar ini menjadi salah satu ancaman serius bagi Lionel Messi dan kawan-kawan. Kemampuan Ramos dalam memotong operan dan merebut bola dari lawan-lawannya membuat ia menjadi bek nomor satu milik Los Blancos –julukan Real Madrid-.

Tak hanya melawan Messi, Ramos juga memiliki kemampuan untuk mematahkan serangan dari rekan setimnya, Cristiano Ronaldo. Terbukti Ronaldo dibuat tak berkutik di atas lapangan saat pertandingan semifinal Piala Eropa 2012 yang mempertemukan Portugal melawan Spanyol. Kala itu La Furia Roja –julukan timnas Spanyol- berhasil meraih kemenangan dengan skor 4-2 atas Portugal di babak adu penalti.

Arne Friedrich

Masih ingat dengan mantan bek Jerman, Arne Friedrich? Ya, pemain yang kini telah berusia 38 tahun pernah menghentikan serangan cepat Lionel Messi di perempat final Piala Dunia FIFA musim 2010. Kala itu kerjasama yang dilakukan Friedrich bersama Sebastian Schweinsteiger sukses merebut bola milik Messi menggunakan kaki kanannya.

Sementara itu, Friedrich mematikan pergerakan Ronaldo saat Jerman bertemu Portugal di semifinal Piala Eropa 2008. Ronaldo yang beroperasi di sayap kiri gagal menembus sisi kanan pertahanan Jerman yang dikawal Friedrich. Alhasil, Die Manschaft –julukan Jerman– pun menang 3-2 dan lolos ke final.

Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini

Kemampuan menjaga daerah pertahanan yang dimiliki dua pemain Juventus ini memang harus diacungi jempol. Bonucci dan Chiellini sukses menggagalkan sejumlah serangan yang diberikan oleh Cristiano Ronaldo di leg kedua babak semifinal Liga Champions musim 2014-2015. Kala itu Juventus berhasil menahan imbang Real Madrid dengan skor 1-1, namun mereka berhasil melaju ke babak final dengan agregat 2-3.

Bonucci dan Chiellini sukses mematikan pergerakan Messi saat bertemu dalam dua leg perempatfinal Liga Champions 2016-2017. Sejatinya tak hanya Messi yang dimatikan palang pintu berpaspor Italia itu. Neymar da Silva dan Luis Suarez pun dibuat tak berkutik. Juventus pun unggul 3-0 secara agregat atas Barcelona dan lolos ke semifinal Liga Champions.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *