Dick Advocaat Jadi Pelatih Timnas Belanda yang Baru

Dick Advocaat Jadi Pelatih Timnas Belanda yang Baru

Dick Advocaat, 69 tahun, saat ini masih menjabat sebagai pelatih klub Fenerbahce. Dia bakal mengakhiri kerja samanya dengan klub Turki itu demi mengemban tugas sebagai pelatih timnas Belanda sampai November 2018.

Saat ini, tim nasional Belanda tidak memiliki manajer setelah Danny Blind dipecat pada bulan Maret 2017 lalu menyusul hasil buruk yang digapai Tim Oranye di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2018.

Manajer bisnis Advocaat, Rob Jansen, mengatakan kepada kantor berita nasional ANP bahwa kesepakatan penandatanganan kontrak Advocaat dengan Federasi Sepakbola Belanda (KNVB) kemungkinan besar akan dilukukan minggu ini setelah kedua belah pihak sudah mencapai kesepakatan lisan sebelumnya.

Advocaat dikontrak Fenerbahce sampai 1 Juni 2017, namun dia bisa mengakhiri kontraknya lebih awal sebelum laga persahabatan Belanda melawan Maroko pada 31 Mei mendatang.

Pelatih veteran ini sebelumnya sudah pernah membesut Belanda dua kali, yaitu pada periode 1992 sampai 1994, dan 2002 sampai 2004. Kali ini dia diberi target membawa Arjen Robben dan kawan-kawan lolos ke putaran final Piala Dunia di Rusia pada 2018.

Belanda yang gagal lolos ke Euro 2016 lalu, kini terancam gagal tampil di Piala Dunia setelah mereka masih berada di urutan keempat klasemen babak kualifikasi Grup A Zona Eropa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *