Gelar Juara Premier League 2016-2017 Kini Resmi Milik Chelsea

Conte Bawa Chelsea Juara Premier League

Chelsea menjadi juara Premier League musim 2016/2017 setelah mengalahkan West Brom dengan skor 0-1 di stadion Hawthorns, Sabtu (13/5). Gelar ini merupakan yang keenam kalinya dalam sejarah The Blues.

Menjalani pertandingan tersebut, Chelsea hampir saja gagal memetik kemenangan yang bisa membuat tim lain masih mungkin mengejar. Namun kemudian Michy Batshuayi yang masuk sebagai pemain pengganti menjadi penentu kemenangan dengan golnya pada menit 82. Satu gol ini sudah cukup untuk menambahkan tiga poin untuk Chelsea.

Dengan kemenangan tersebut, Chelsea mengumpulkan 87 poin dan sudah tak mungkin terkejar. Dengan Tottenham yang berada di peringkat dua dan masih punya tiga laga tersisa, Chelsea telah berjarak 10 poin.

Gelar juara ini tentu saja tak lepas dari peran Antonio Conte, pelatih yang ditunjuk Chelsea untuk menggantikan Jose Mourinho. Pelatih asal Italia tersebut punya tanggung jawab membangkitkan Chelsea yang musim lalu hanya bisa finis di peringkat 10. Conte memang sempat menemui kesulitan di awal-awal kariernya di London sehingga membuatnya sempat santer dikabarkan akan dipecat lebih dini.

Setelah menelan kekalahan dari Liverpool dan Arsenal, Conte mengubah formasi menggunakan 3-4-3. Setelah perubahan ini, Chelsea menang 13 kali secara beruntun. Dan, Conte sendiri mengakui perubahan formasi ini menjadi faktor penting dalam mengantarkan timnya menyabet gelar keempat Premier League sejak musim 2004/2005.

Tidak bermain di kompetisi Eropa membuat Conte bisa fokus mengejar gelar kompetisi lokal. Setelah gelar Premier League sudah ada di genggaman,  sekarang waktunya bagi Chelsea mengejar gelar FA Cup. Mereka akan menghadapi Arsenal di partai final nanti yang akan berlangsung pada akhir bulan ini di Wembley.

Diego Costa memiliki peran penting dalam mengantarkan Chelsea kembali berjaya . Penyerang asal Spanyol tersebut merupakan top skor Premier League sementara. Sejauh ini, Costa telah mengumpulkan 20 gol.

Selain Costa, N’Golo Kante juga punya andil besar. Pemain yang musim lalu mengantarkan Leicester City juara tersebut, musim ini mendapat penghargaan sebagai pemain terbaik di liga Inggris atau PFA Player of the Year. Eden Hazard sebagai runner up dalam merebutkan penghargaan itu.

Yang membuat fans Chelsea bahagia, tentu saja, bahwa musim depan tim kesayangannya akan kembali bermain di Liga Champions.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *