Gol tunggal Diego Costa Menangkan Atletico Madrid Melawan Real Madrid

Gol tunggal Diego Costa
Gol tunggal Diego Costa

Gol tunggal Diego Costa

Babak pertama

Atletico Madrid menyambangi Santiago Bernabeu dengan misi ambisius, yakni memecah kebuntuan atas Real Madrid di ajang La Liga Spanyol. Klub yang kini dibesut Diego Simeone itu memang belum pernah memetik kemenangan atas rival sekotanya pada pertandingan liga domestik, kendati berhasil mengejutkan Los Blancos di ajang Copa del Rey musim lalu.

Sejak babak pertama digulirkan, baik Madrid maupun Atletico menyajikan permainan dengan tempo tinggi dan menegangkan, layaknya ekspektasi pecinta La Liga terhadap Derby Madrid.

Tim tuan rumah lebih dulu memberikan ancaman melalui Angel Di Maria yang membawa bola dari sisi kanan sebelum tendangannya diblok Thibaut Courtois. Cristiano Ronaldo menyambar bola liar dan mencoba peruntungannya, namun belum bisa mengubah skor kacamata.

Armada Los Rojiblancos memberikan perlawanan sengit kepada anak-anak asuh Carlo Ancelotti. Kerja keras mereka kemudian terbayar di menit ke-11 setelah Diego Costa menjebol gawang Diego Lopez setelah menyambar umpan Koke untuk membawa tim tamu unggul 1-0.

Unggul satu gol, Atletico terus menyerbu lini pertahanan Madrid sekaligus menjaga benteng pertahanan mereka sendiri dengan kokoh. El Real kesulitan mencari celah untuk membalas gol Costa.

Peluang Los Galacticos datang di menit 23 ketika Karim Benzema menyambut bola hasil umpan Di Maria dengan tandukan kepalanya. Sial bagi Madrid, peluang Benzema masih bisa dipatahkan Courtois.

Benzema kembali mencuatkan harapan publik Santiago Bernabeu ketika mengancam gawang Atletico dari jarak dekat. Namun, tandukannya lagi-lagi melebar sehingga keunggulan tim tamu belum berubah.

Alih-alih tertekan karena serangan Madrid, Atletico justru nyaris menambah keunggulan lewat pergerakan Tiago Mendes yang memanfaatkan kelengahan Isco. Beruntung bagi Madrid, sundulan Tiago dari jarak dekat masih meleset dari sasaran.

Gawang Lopez kembali terancam pada menit-menit terakhir babak pertama ketika Diego Godin nyaris mencetak gol kedua Atletico dari jarak dekat. Namun, Lopez masih sigap menyelamatkan gawangnya sehingga skor 1-0 untuk tm tamu tidak berubah hingga turun minum.

Babak kedua

Tertinggal satu gol mendorong Carlo Ancelotti melakukan pergantian pemain di babak kedua. Pelatih asal Italia menarik keluar Angel Di Maria dan Asier Illarramendi untuk memberikan tempat bagi Gareth Bale dan Luka Modric.

Meski begitu, tim tuan rumah masih kesulitan membongkar pertahanan Atletico yang tampaknya bertekad membawa tiga angka dari Bernabeu.

Costa kembali memperlihatkan aksi ciamik lewat pergerakannya di antara Pepe dan Sergio Ramos. Sial bagi Atletico, tendangan setengah volinya masih bisa diredam Ramos.

Striker Brasil itu nyaris mencatatkan gol kedua bagi Los Rojiblancos di menit 61 ketika dirinya berhadapan satu lawan satu dengan Diego Lopez di depan gawang. Akan tetapi, kesempatan emas itu terbuang menyusul penyelamatan sigap Lopez.

Kubu Los Blancos juga mendapat peluang bagus untuk menyamakan kedudukan ketika Filipe Luis menjatuhkan Bale di dekat kotak penalti. Sayang, Cristiano Ronaldo yang dipercaya mengambil tendangan bebas gagal melaksanakan tugasnya setelah bola melambung tinggi di atas mistar Courtois.

Sejauh ini, Ronaldo belum mampu menampilkan ‘sihirnya’. Mega bintang Portugal lagi-lagi kesulitan memanfaatkan peluang ketika tendangan kerasnya dari luar kotak penalti berhasil diblok Courtois. Modric menyambar bola liar di depan kotak dengan tendangan voli, akan tetapi peluangnya pun belum bisa membuahkan gol.

Publik Santiago Bernabeu dibuat menahan napas ketika gawang Lopez lagi-lagi berada dalam ancaman. Berawal dari penyelamatan yang tidak sempurna oleh Lopez, Koke menyambar bola liar di dalam kotak setelah Sami Khedira gagal menutup celah.

Tanpa pikir panjang, gelandang Spanyol pun melepaskan tendangan ke arah gawang. Akan tetapi, bola masih membentur mistar gawang. Armada Madridista pun menghembuskan napas lega.

Dewi fortuna tampaknya belum berpihak kepada Real Madrid pada pertandingan kali ini. Alvaro Morata, yang masuk menggantikan Isco di menit 73, menyambut umpan silang Khedira sebelum melepaskan tendangan akrobatik ke arah gawang Courtois. Namun, kiper Belgia melakukan penyelamatan gemilang untuk menjaga keunggulan Atletico.

Hingga tiga menit tambahan waktu berakhir, El Real tidak mampu menyarangkan gol balasan ke gawang Atletico. Los Rojiblancos pun meluapkan kegembiraan atas kesuksesan mereka memenangkan derby Madrid di ajang La Liga untuk pertama kalinya sejak 1999.

Susunan pemain:

Real Madrid: Diego López, Pepe, Ramos, Coentrao, Khedira, Ronaldo, Benzema, Arbeloa, Di María, Isco, Illarramendi

Atletico Madrid: Courtois, Juanfran, Miranda, Godín, Filipe Luis, Tiago, Gabi, Koke, Arda, Costa, Villa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *