Indonesia vs Filipina

Siaran Langsung
Rabu, 14 Agustus
20:15 WIB
RCTI

Setelah menghadapi rangkaian pertandingan melawan tim ternama, tim nasional Indonesia kembali berpijak ke bumi saat melawan Filipina dalam laga persahabatan di Stadion Manahan Solo, Rabu (14/8) malam WIB.

Sebelumnya, timnas senior menjamu Belanda, serta tiga klub Liga Primer Inggris, Arsenal, Liverpool, dan Chelsea. Melawan Chelsea, tim memang disebut Rahmad Darmawan yang menangani timnas U-23. Namun di laga itu, materi pemain yang diturunkan hampir tak beda dengan timnas senior.

Dari ketiga pertandingan itu, timnas senior kebobolan 20 kali, dan hanya satu kali mencetak gol melalui bunuh diri Tomas Kalas. Hasil tersebut memperlihatkan masih banyaknya kelemahan yang ada di tubuh timnas senior.

Melawan Filipina yang notabene memiliki kemampuan hampir setara, Jacksen bisa memanfaatkan kesempatan itu untuk mengasah barisan depan yang tumpul. Sebab, tim Merah Putih harus berhadapan dengan Cina di ajang kualifikasi Piala Asia 2015. Tentunya, Cina mempunyai materi pemain lebih baik dibandingkan Filipina.

Setelah hanya berkonsentrasi memperkuat pertahanan, Jacksen kini mengalihkan perhatian terhadap ketajaman tim besutannya yang tumpul di empat laga uji coba sebelumnya. Itu bisa dilihat dari materi pemain yang dipanggil Jacksen.

Selain barisan depan yang tidak hanya mampu menjadi penyuplai bola, Jacksen juga memanggil pemain di lini tengah dengan kemampuan agresi cukup tinggi. Mereka juga punya kemampuan masuk ke dalam kotak penalti, seperti Andik Vermansah, Vendri Mofu, dan Yustinus Pae.

“Kami ingin meningkatkan ketajaman lini depan dalam uji coba melawan Filipina. Dalam beberapa uji coba terakhir timnas menghadapi lawan yang terlalu tangguh, sehingga hanya fokus lini belakang. Kali ini dalam laga melawan Filipina, kami ingin menguji lini depan,” jelas Jacksen.

Di lain sisi, Filipina bertekad untuk menghapus catatan tak pernah menang dari Indonesia. Dalam 20 pertemuan, Filipina hanya mencatat dua hasil imbang, dan selebihnya berupa kekalahan. Pertama pada 1970, dan kedua adalah di laga persahabatan menjelang Piala AFF 2012.

Kendati bertekad memecahkan telur, Filipina justru tidak memanggil para pemain yang berlaga di mancanegara. Hanya tiga pemain di luar Filipina yang memperkuat tim nasional, yakni Rob Gier, Angel Guirado, dan Patrick Recihelt.

Pemain yang selama ini menjadi andalan, dan bakal absen di laga nanti diantaranya Neil Etheridge, Stephan Schrock, Manuel Ott, Jerry Lucena, dan Javier Patino.

KEMUNGKINAN LINE-UP

 

INDONESIA
Indonesia
I Made Wirawan
Kipuw, Igbonefo, M Roby, Ruben
Lilipaly, Bustomi, Andik
Greg Nwokolo, Boaz Solossa
Titus Bonai
FILIPINA
Filipina
Sacapano
De Murga, Gier, Barbaso, Christiaens
J.Younghusband, Greatwich, Mulders, Reichelt
Hartmann
P.Younghusband
TAHUKAH ANDA?

 

  • Indonesia unggul jauh atas Filipina dari segi rekor pertemuan. Dalam 20 pertandingan, Indonesia mampu memetik 18 kali kemenangan dan hanya dua kali imbang. Rekor gol tim Garuda pun sangat superior, yaitu 82-10!

  • Pada pertemuan terakhir kedua tim, Patrich Wanggaimenyumbangkan satu gol ke gawang tuan rumah Filipina dalam laga debutnya di tim senior Indonesia. Pada laga yang sama, Titus Bonai juga mengukir debut senior.
  • Ada lima pemain Indonesia yang belum mengukir caps sama sekali di timnas senior dan laga resmi FIFA, yaitu Andritany Ardhiyasa, Yustinus Pae, Firdaus Ramadhan, Hasyim Kipuw, dan Stefano Lilipaly.
  • Dalam empat penampilan internasional sepanjang 2013, Indonesia selalu menelan kekalahan. Lawan-lawan Indonesia hingga bulan ini adalah Yordania, Irak, Arab Saudi, dan Belanda.
  • Rekor kemenangan Indonesia atas Filipina adalah 13-1. Bambang Pamungkas dan Zaenal Arif sama-sama mengemas empat gol pada pertandingan Piala Tiger 2002 itu.
  • Filipina selalu memetik kemenangan sepanjang 2013, yaitu atas Myanmar, Kamboja, Turkmenistan, dan Hong Kong, dengan rekor gol 11-0.
  • Ada tiga pemain muda yang dipromosikan dari tim U-23 untuk memperoleh panggilan pertama mereka di skuat senior Filipina, yaitu kiper Patrick Deyto, pemain belakang Amani Aguinaldo, dan gelandang Paolo Bugas.
  • Filipina terancam tidak mengirimkan delegasi sepakbola untuk SEA Games Myanmar akhir tahun ini. Keputusan komisi olahraga setempat itu diprotes PFF yang masih mendesak agar tim sepakbola putra maupun putri dikirimkan ke pesta olahraga terbesar negara-negara Asia Tenggara.
  • Gelandang muda Filipina, Mark Hartmann, merupakan pemain blasteran Inggris kelahiran Southampton. Dia pernah masuk akademi Portsmouth dan Swindon Town sebelum memulai karier sepakbola profesional di Filipina.
  • Jika diturunkan, laga melawan Indonesia akan menjadi caps ke-50 bagi striker Phil Younghusband bersama Azkals.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *