Ini Wakil Klub-Klub Serie A yang Tampil di Kompetisi Eropa Musim Depan

Kompetisi domestik Italia baik Serie-A maupun Coppa Italia telah berakhir. Dengan bergitu, wakil-wakil Negeri Pizza di kompetisi Eropa musim depan pun sudah diketahui. Baik di Liga Champions maupun di Liga Europa.

Sebanyak enam tim akan mewakili Italia di kompetisi Eropa musim depan. Tiga di antaranya akan berlaga di Liga Champions, sementara tiga lainnya akan bertanding di Liga Europa. Begini penjelasannya.

Juventus yang menjadi juara Liga Italia dan Coppa Italia, langsung lolos ke fase grup Liga Champions. Begitu juga dengan AS Roma yang merupakan runner up. Sementara Napoli yang finis di posisi ketiga, harus menjalani playoff lebih dulu untuk bisa lolos ke fase grup Liga Champions.

Sementara untuk Liga Europa, semestinya akan diikuti oleh tim peringkat dan kelima Liga Italia serta juara Coppa Italia. Peringkat keempat ini diduduki oleh Atalanta dan peringkat keenam ditempati Lazio.

Nah, untuk juara Coppa Italia sendiri merupakan milik Juventus yang sudah lolos ke Liga Champions. Idealnya diberikan kepada runner up Coppa Italia. Tapi, sang runner up ini adalah Lazio yang juga sudah mendapatkan tempat di fase grup Liga Europa.

Dengan demikian, satu jatah ke Liga Europa lewat Coppa Italia ini diberikan kepada peringkat keenam klasemen Liga Italia yaitu AC Milan. Namun, Milan tak langsung lolos ke fase grup, melainkan harus melewati fase kualifikasi.

Berikut wakil Italia di kompetisi Eropa musim depan:

Liga Champions

Juventus (juara Liga Italia) – fase grup

AS Roma (posisi 2 Liga Italia) – fase grup

Napoli (posisi 3 Liga Italia) – Playoff

Liga Europa

Atalanta (posisi 4 Liga Italia) – fase grup

Lazio (posisi 5 Liga Italia) – fase grup

AC Milan (pengalihan jatah juara Coppa Italia) – kualifikasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *