Kiper terbaik di dunia saat ini adalah Manuel Neuer

Claudio Taffarel
Claudio Taffarel

Claudio Taffarel

Eks penjaga gawang Brasil, Claudio Taffarel, dapat memahami menurunnya status Iker Casillas dalam skuat Real Madrid karena masa kejayaan San Iker memang sudah lewat.

Casillas kehilangan posisi sebagai pilihan nomor satu di bawah mistar El Real sejak pertengahan musim lalu di bawah kepemimpinan Jose Mourinho. Keadaan ternyata tak berubah meski tongkat kepelatihan sekarang dipegang Carlo Ancelotti. Seperti Mou, sang bos baru lebih mengedepankan Diego Lopez ketimbang Casillas.

Adapun Taffarel memandang Casillas saat ini juga sudah bukan lagi termasuk kiper terbaik dunia. Status tersebut menurutnya lebih pantas disematkan buat bintang Bayern Munich, Manuel Neuer.

“Bagi saya, Neuer adalah kiper terbaik di dunia saat inni. Casillas sudah melewati periode terbaiknya, sementara Neuer masih terus membaik,” kata Taffarel, yang kini menjabat pelatih kiper Galatasaray, kepada Bild.

“Caranya [Neuer] bermain sebagai kiper dan tekniknya luar biasa. Bukan hanya dalam penguasaan bola, tapi terutama bagaimana dia menepis dan dan menangkap tembakan.”

“Seseorang seperti Oliver Kahn tak pernah memiliki teknik seperti ini. Kahn kiper hebat, tapi Jerman memiliki kiper-kiper lain yang lebih baik,” papar jawara Piala Dunia 1994 bersama Selecao ini.

“Neuer jelas lebih baik ketimbang Kahn dulu. Sudah lama saya mengetahui bahwa Neuer akan menjadi seorang penjaga gawang impresif.”

Musim lalu Neuer membukukan 18 clean sheet dari 31 penampilan di Bundesliga bersama The Bavarians.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *