Laurent Blanc atau Ronald Koeman yang Akan Latih Barca Musim Depan?

Laurent Blanc atau Ronald Koeman yang Akan Latih Barca Musim Depan

Mendekati akhir musim, hingga kini Barcelona masih belum menemukan siapa yang akan menggantikan Luis Enrique. Kandidatnya dipastikan bertambah dikabarkan muncul nama Laurent Blanc juga didekati oleh Barcelona.

Setelah Enrique menyatakan akan pergi di akhir musim ini, Barcelona digosipkan telah melakukan pendekatan pada beberapa nama. Pelatih-pelatih yang sempat dikabarkan akan jadi kandidat adalah Juan Carlos Unzue, Ernesto Valverde, Ronald Koeman, Eusebio, hingga Oscar Garcia.

Nama terbaru yang muncul sebagai kandidat adalah Laurent Blanc. Beberapa menyebutkan Barca sudah melakukan kontak dengan pria asal Prancis itu.

Pelatih berumur 51 tahun itu tak lagi melatih setelah musim panas lalu meninggalkan Paris Saint Germain. Beberapa media mengabarkan kalau Blanc berencana untuk kembali melatih musim ini namun di luar Perancis.

Blanc diklaim oleh agennya sudah dapat banyak tawaran untuk kembali melatih. Blanc sempat berseragam Barcelona meski cuma semusim pada 1996-97, yang ketika itu dilatih Bobby Robson.

Sebagai pelatih, pria asal perancis itu sudah pernah bekerja dengan Bordeaux (2007-2010), timnas Perancis (2010-2012), dan yang terakhir PSG (2013-2016). Dirinya juga mendapatkan beberapa penghargaan. Di antaranya Manager of the Year dua kali (2009 dan 2015) dan memenangi 15 gelar (empat liga) di Perancis.

Sementara Manajer Everton, Ronald Koeman, menjadi salah satu manajer yang dianggap bisa menaikkan level timnya. Meski belum terlalu konsisten, The Toffees mampu memperlihatkan performa yang menawan.

Koeman adalah legenda sepak bola Belanda yang juga sempat bersinar bersama Barcelona. Kebetulan El Barca akan ditinggalkan Luis Enrique pada akhir musim yang kontraknya habis.

Sang manajer pun angkat bicara. Dia mengaku ada dua mimpi yang hingga saat ini belum tercapai di dunia sepak bola.

“Dalam karier kepelatihan saya, ada dua mimpi yang ingin digapai. Pertama adalah melatih Timnas Belanda. Saya sangat ingin di sana, tapi kontrak saya masih bersama Everton dan harus menghormati itu,” ujarnya kepada Sport.

“Harapan dan mimpi kedua saya, suatu hari nanti mendapat kesempatan melatih Barcelona. Itu adalah fakta. Sekarang saya fokus dengan Everton. Kami sangat kuat dan punya proyek yang meyakinkan. Kami ingin bisa menembus Liga Champions musim depan,” tambah dia.

Meski begitu, Koeman sadar bahwa sepak bola penuh negosiasi dan bisa saja hal-hal yang tak diprediksi terjadi.

“Dalam sepak bola, dalam kehidupan,semua hal bisa didiskusikan. Tapi, saya tak akan melatih Real Madrid. Meski saya respek dengan tim tersebut, tapi itu mustahil. Saya adalah Barcelona dan berada dalam sejarah mereka, tak mungkin saya berkostum Madrid,” pungkas dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *