Panpel Piala AFF U-19 Harap Memperhatikan Keselamatan dan Kenyamanan Penonton

Final Piala AFF
Final Piala AFF

Final Piala AFF

Kekhawatiran bakal membludaknya penonton saat final Piala AFF U-19 antara Indonesia dan Vietnam di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Minggu (22/9) malam WIB, membuat panitia pelaksana (Panpel) pertandingan dituntut untuk memperhatikan keselamatan dan kenyamanan fans.

Salah satu koordinator kelompok suporter Deltras Sidoarjo, Deltamania, Baqiro mengatakan, panpel jangan hanya memikirkan sisi pendapatan dari penjualan tiket semata. Namun lebih dari itu, sisi keamanan dan kenyamanan penonton juga harus diutamakan.

Bagiro menyarankan agar sebaiknya Panpel mencetak maksimal 29 ribu lembar tiket saja, mengingat kapasitas Gelora Delta hanya bisa menampung sekitar 31 ribu penonton.

“Keamanan dan kenyamanan penonton harus dinomorsatukan. Jangan cetak tiket melebihi kapasitas stadion. Sebab, hal itu akan sangat bahaya dan rawan,” ujar Baqiro.

“Saya yakin, penonton pasti akan lebih banyak yang ingin datang ke stadion pada pertandingan final, sehingga panpel harus lebih baik, dan profesional dalam mempersiapkan diri.”

Baqiro berkaca dari laga semi-final. Saat itu, Gelora Delta dijejali penonton. Padahal di luar stadion, masih banyak penonton yang memegang tiket, dan tidak bisa masuk ke dalam lantaran stadion sudah penuh. Akibatnya, sempat ada protes dari penonton.

Sebelum laga semi-final digelar, Panpel Piala AFF U-19 2013 sudah memberikan klarifikasi, bila mereka mencetak sekitar 30 ribuan tiket, dan hanya diedarkan sekitar 27 ribuan tiket saja. Namun pada kenyataannya, pemandangan di dalam stadion terlihat penuh sesak.

“Dari 30.840 tiket yang dicetak, yang diedarkan sebanyak 27.840. Sisanya tidak diedarkan,” tutur staf bagian tiket dan pemasaran Piala AFF U-19 Edhi Prasetyo.

Animo penonton untuk menonton secara langsung juga cukup tinggi, meski harga tiket mengalami perubahan dibanding saat babak penyisihan grup. Harga tiket semi-final untuk tribun utara dan selatan dipatok Rp30 ribu, dari sebelumnya seharga Rp20 ribu per lembar. Sementara sisi tribun timur tidak mengalami perubahan, senilai Rp30 ribu.

Untuk tiket ekonomi menjadi Rp75 ribu dari semula Rp50 ribu, dan VIP naik dari Rp75 ribu menjadi Rp100 ribu. Namun terkait harga tiket babak final, Panpel masih belum memberikan klarifikasi. Apakah harga tiket tetap, atau kembali dinaikkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *