Peserta Piala Dunia Akan Ditambah, Klub-Klub Elite Eropa Menentang

FIFA berencana untuk menambah jumlah peserta Piala Dunia mulai gelaran pada 2026. Jumlah peserta Piala Dunia akan ditambah menjadi 48 negara dari sebelumnya hanya 32 negara. FIFA sudah menyatakan rencananya tersebut melalui Presiden FIFA, Gianni Infantino.

Diprediksi, kesepakatan soal rencana penambahan jumlah peserta ajang 4 tahunan sepakbola sejagat ini akan diputuskan pada Januari mendatang. Dilansir dari Reuters, Asosiasi Klub Eropa (ECA) sudah menyatakan keberatannya atas rencana penambahan jumlah peserta Piala Dunia. ECA mewakili lebih dari 200 klub di seluruh Eropa akan menentang rencana dari FIFA ini.

“Jumlah pertandingan yang dimainkan sepanjang tahun sudah mencapai tingkat yang tidak bisa diterima, khususnya untuk pemain tim nasional,” tulis pernyataan ECA, Kamis (15/12). Kondisi itulah yang membuat ECA harus menolak rencana penambahan negara peserta Piala Dunia.

Dewan Eksekutif ECA sudah menyampaikan penolakan itu dengan mengirim surat langsung ke Presiden FIFA untuk tidak menambah jumlah negara peserta Piala Dunia. Ketua ECA, Karl-Heinz Rummenigge mengatakan, seluruh pihak harus kembali fokus pada oahraga untuk membahas sepak bola.

Atas alasan itu, politik maupun sisi perdagangan seharusnya tidak menjadi sesuatu yang harus diprioritaskan dalam sepak bola. “Untuk kepentingan fans dan pemain, kami mendesak FIFA untuk tidak menambah jumlah negara peserta Piala Dunia,” ujar Rummenigge.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *