Piala Dunia 2018 Dipastikan Memakai Teknologi VAR

Presiden FIFA, Gianni Infantino, memberikan indikasi jika penggunaan Video Assistant Referees (VAR) akan digunakan pada gelaran Piala Dunia tahun depan. Hal itu dilihat dari perkembangan VAR sejauh ini selama Piala Konfederasi 2017.

Piala Konfederasi 2017 menjadi turnamen resmi pertama yang menggunakan VAR sebagai alat bantu bagi wasit. Dan sejauh ini, menurut Infantino, penggunaannya cukup memuaskan.

Meski begitu, beberapa fans dan juga pengamat menyuarakan ketidakpuasannya terhadap teknologi ini. Mereka beralasan penggunaan teknologi ini memakan banyak waktu dan justru menimbulkan kebingungan.

Namun, Infantino bersikukuh dengan pendapatnya. Dia justru dengan lantang menyebut VAR adalah salah satu instrumen masa depan sepakbola.

“Sejauh yang saya tahu, tak ada yang menghalangi penggunaan VAR sejauh ini. Satu hal yang perlu kita tingkatkan adalah komunikasi dan belajar menyesuaikan waktu penggunaan VAR,” kata Infantino dikutip Soccerway.

“Setelah itu, jika keputusan yang benar telah diambil, akan banyak sekali manfaat yang akan datang. Beberapa liga seperti Italia dan Jerman akan mencoba menggunakan VAR di kompetisi mereka dan saya yakin itu akan sangat berguna. VAR adalah masa depan sepakbola,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *