Selebrasi Gol Pemain Bali United Jadi VIral dan Mendunia

Selebrasi Gol Pemain Bali United Jadi VIral dan Mendunia

Ada yang unik dari selebrasi ketiga pemain Bali United saat melawan Perseru Serui pada Ahad (4/6) lalu. Tiga orang pemain Bali United melakukan selebrasi gol yaitu berdoa dengan cara yang berbeda-beda.

Dari sebuah foto yang diambil oleh fotografer Miftahuddinhalim yang kemudian dipublikasikan di laman Facebook Bali United, terllihat secara berbaris-baris yaitu, seorang bek Bali United beragama Hindu, Ngurah Nanak mengatupkan tangannya di atas kepala, pemain depan, Yabes Roni yang beragama Kristen terlihat berlutut dan merapatkan kedua tangannya dengan mata terpejam, dan striker Muslim Bali United, Miftahul Hamdi terlihat melakukan sujud syukur.

Laman Washington Post bahkan membuat judul dalam beritanya pada Rabu (7/6), “Christian, Muslim, and Hindu soccer players in Indonesia use goal celebration to make political statement” yang artinya pemain sepak bola umat Kristen, Muslim, dan Hindu di Indonesia gunakan selebrasi gol untuk sebuah pernyataan politik.

“Karena perbedaan keyakinan tidak akan menghalangi kami untuk mencapai tujuan yang sama. Bali United Jaya!,” tulis keterangan di bawah foto tersebut. Dalam berita yang ditulis di laman Washington Post, dilaporkan, bahwa foto tersebut muncul pada saat yang sangat penting dalam sejarah Indonesia, lantaran maraknya isu intoleran di negara yang masyarakatnya dikenal menjunjung tinggi pluralitas.

Foto tersebut itu pun disambut baik oleh kalangan netizen. Terbukti, hingga Kamis (8/6) foto tersebut disukai oleh 9,9 ribu pengguna Facebook, dibagikan 11.495 kali dan dikomentari 406 komentar. “Indonesia kuat karena kita berbeda-beda, terima kasih Bali karena telah menjadi contoh toleransi yang seutuhnya, jaya terus Bali!”, tulis akun Andre Gionino.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *