Terlalu Banyak Pesta, Penyebab Chelsea Gagal Juara Piala FA

Kekalahan Chelsea atas Arsenal di final ajang Piala FA dianggap karena para penggawa The Blues terlalu berlebihan dalam merayakan trophi Premier League mereka. Tudingan ini sendiri dilontarkan oleh pemain legendaris Inggris, Alan Shearer.

Punya musim menakjubkan di liga Inggris dan menjadi kampiun jelas membuat Chelsea jauh diunggulkan atas lawannya Arsenal di partai puncak Piala FA. Musim buruk yang dialami The Gunners dengan kegagalan untuk finish di empat besar seakan makin membuat gelar ganda Si Biru sudah dipastikan.

Sayangnya prediksi tidak selalu sejalan dengan kenyataan. Chelsea justru bermain kurang maksimal dalam laga itu dan harus mengakuji keunggulan Arsenal dengan skor tipis 1-2.

Gol cepat Alesxis Sanchez di babak pertama sempat mampu dibalas oleh Diego Costa saat pertandingan tersisa 15 menit lagi namun Aaron Ramsey mampu mengembalikan keunggulan Meriam London tidak lama kemudian. Kekuarangan jumlah pemain usai dikartu merahnya Victor Moses benar-benar membuat Chelsea merana di pertandingan ini.

Chelsea gagal mengatur tempo

Shearer merasa jika tumbangnya Chelsea adalah sebab dari perayaan gela juara Premier League yang terlalu berlebihan. Akibatnya untuk menguasai jalannya laga saja armada Antonio Conte tidak mampu.

“Ini baru dua pekan sejak Chelsea memastikan juara liga di The Hawthorns dan mereka tampak melakukan banyak pesta sesudahnya,” papar Shearer pada BBC.

“Apapun alasannya, Antonio Conte dan anak-anak asuhnya tidak mampu mempertlihatkan jati diri mereka yang sebenarnya di Wembley. Itu tadi bukan performa yang biasa kita lihat sepanjang musim.”

“Chelsea memulai dengan sangat lamban dan tidak mampu mengatur tempo. Butuh sekitar 29 menit bagi mereka untuk membuat percobaan tepat sasaran. Mereka tidak menunjukkan intensitas tinggi yang sudah membawa mereka sukses di Premier League,” pungkas mantan bomber Blackburn Rovers dan Newcastle United ini.

Arsenal sendiri sukses membuktikan jika musim 2016/2017 mereka tidak gagal-gagal amat. Meski tak akan tampil di Liga Champions musim depan, Olivier Giroud dan kolega kembali memastikan diri sebagai rajanya Piala FA dengan koleksi 13 trofii atau unggul satu dari Manchester United.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *