Tim nasional Indonesia berhasil menggulung Filipina dengan skor 2-0

indonesia filipina
indonesia filipina

indonesia filipina

Babak Pertama
Tempo pelan membuka laga uji coba internasional antara Indonesia dengan Filipina ini.  Kedua tim berinisiatif untuk menyerang, namun masih bisa dihentikan oleh barisan pertahanan lawan. Belum ada kesempatan berarti dalam sepuluh menit awal.

Menit ke-16, Boas Solossa sempat membahayakan gawang Filipina dengan tendangan keras yang memanfaatkan buangan buruk Filipina. Sayang, bola masih melebar di atas gawang. Kedua tim pun kembali bertukar serangan, namun belum ada yang membuahkan hasil.

Lima belas menit menjelang turun minum, Indonesia akhirnya berhasil memecah kebuntuan. Melalui umpan silang dari Lilipaly, Greg Nwonkolo yang ada dalam posisi bebas berhasil menceploskan bola ke gawang Sacapano dengan tenang. Skor 1-0 untuk Indonesia.

Selepas gol pertama, Indonesia mulai memegang kendali pertandingan. Serangan demi serangan pun mulai dibangun oleh Boaz dkk. Filipina pun sempat mengancam dengan tandukan Mark Hartmann, namun bola masih melebar di sebelah kiri gawang. Skor 1-0 pun bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua
Babak kedua dimulai, Indonesia masih menunjukkan keperkasaannya meskipun beberapa kali terjadi salah oper. Indonesia lebih sering membangun inisiatif menyerang dan berkali-kali memasuki kotak penalty, namun masih mampu dimentahkan barisan pertahanan Filipina.

Peluang emas terjadi di menit ke-58. Greg Nwonkolo yang mendapat operan di sisi kiri lapangan melakukan aksi individu menembus pertahanan Filipina. Aksi tersebut ditutup dengan sepakan mendatar yang melenceng tipis dari sasaran, skor 1-0 masih bertahan.

Tujuh menit kemudian, Indonesia berhasil menggandakan keunggulan. Umpan dari Titus Bonai dimanfaatkan dengan baik oleh M. Roby. Pemain ini langsung menanduk umpan sundulan Tibo dan bola pun tidak dapat dijangkau oleh Sacapano. Indonesia memperlebar jarak menjadi 2-0.

Kedua tim pun melakukan transaksi serangan berkali-kali. Menit ke-77 misalnya, memanfaatkan bolarebound, De Murga langsung menyambar bola. Sayang, sepakannya masih melenceng di sisi kiri gawang I Made. Menit ke-82 pun Filipina kembali menyerang dengan aksi Younghusband yang mampu merangsek hingga kotak penalti. Namun, sepakannya masih belum mampu mengoyak jala I Made.

Patrich Wanggai yang baru masuk menggantikan Boaz pun sempat mengancam gawang Filipina, namun belum membuahkan hasil. Pertandingan pun memanas, di satu sisi Filipina ingin mengejar ketertinggalan, di sisi lain Indonesia masih ingin memperbesar keunggulan.

Peluang emas terakhir terwujud melalui tendangan jarak jauh Wanggai pada menit-menit akhir. Tendangan keras Wanggai masih mampu dibelokkan kiper Filipina sehingga membentur mistar gawang. Hingga peluit panjang dibunyikan, skor bertahan 2-0 untuk Indonesia.


SUSUNAN PEMAIN:
Indonesia:
  I Made Wirawan – Ruben Sanadi – Victor Igbonefo – M. Roby – Hasyim Kipuw – Taufiq – Stefano Lilipaly – Ahmad Bustomi – Rafael Maitimo – Greg Nwonkolo – Boaz Solossa
Pelatih: Jacksen F Tiago

Filipina:  Sacapano – J. Younghusband – Gier – De Murga – Christiaens – Guirado – Greatwich – Mulders – Caligdong – Hartmann – P. Younghusband
Pelatih: Hans Michael Weiss

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *